Entri Populer

Rabu, 15 Desember 2010

Teknik Pencarian di Internet

Tips Pencarian di Internet

  • Mencarilah secara spesifik

  • Gunakan keyword berbeda tapi artinya sama
  • Malu Bertanya Sesat di jalan
  • Paksa Google dengan “tanda kutip”
  • Gunakan tanda plus (+) dan Min (-)
  • Informasi di internet itu bukan hanya website (.html)
  • Ada Banyak Jalan menuju Roma

Mesin Pencari Google


» Meskipun Google menyediakan banyak fitur pencarian, saya yakin tidak banyak dari kita yang menggunakannya pada saat melakukan pencarian informasi. Akhirnya kita kena badai tsunami informasi dari Google yang akhirnya membuat kita bingung sendiri. Kita bahas yuk, teknik pencarian yang efektif itu sebaiknya seperti apa sih.
» Secara umum, jenis pencarian di Google ada dua: Basic Search dan Advanced Search.Basic Search adalah fitur pencarian yang sudah biasa kita gunakan yaitu ketika mengakses langsung google.com.

Fitur Pencarian Dasar

◊ AND : Mencari informasi yang mengandung kedua kata yang dicari. Bisa menggunakan    salah satu dari tiga alternatif berikut:
ukiran jepara
ukiran AND jepara
ukiran+jepara
◊ OR : Mencari informasi yang mengandung salah satu dari kedua kata. Bisa menggunakan   salah satu dari dua alternatif berikut:
tahu OR tempe
tahu | tempe
◊ FRASE : Mencari informasi yang mengandung frase yang dicari dengan menggunakan tanda “”.   Contoh:
“perangkat lunak”
◊ NOT : Hasil pencarian mengandung kata yang di depan, tapi tidak yang dibelakang minus (-).   Contoh di bawah akan mencari informasi yang mengandung kata ikan tapi   bukan bandeng.
Ikan –bandeng
◊ SINONIM (~) : Mencari kata beserta sinonim-sinonimnya. Contoh di bawah akan membawa hasil pencarian: kendaraan (car) dan sinonim-sinonimnya.
~car
◊ ASTERIK (*) : Karakter pengganti kata. Dari contoh di bawah,
hasil yang didapat bisa: ayam bakar pedas, ayam goreng pedas, ayam masak   pedas, dsb
ayam * pedas
◊ TANDA TITIK (.) : Karakter pengganti huruf, angka dan karakter tunggal.
Dari contoh di bawah, hasil yang didapat bisa: kopi, koki, kodi, dsb
ko.i
◊ CASE INSENSITIVE : Pencarian di Google menganggap kapital dan bukan kapital sebagai sesuatu yang sama. Jadi, romi satria wahono, Romi Satria Wahono, atau RoMi SaTrIA waHoNo akan membawa hasil pencarian sama
◊ PENGABAIAN KATA : Google mengabaikan keyword berupa karakter tunggal dan kata-kata berikut: a, about, an, and, are, as, at, b, by, from, how, i , in, is, it, of, on, or, that, the, this, to, we, what, when, where, which, with.
◊ I’M FEELING LUCKY : Akan membawa kita langsung menuju ke hasil pencarian pertama dari query kita

Fitur Pencarian Lanjut

FILETYPE : Menampilkan hasil pencarian berupa suatu jenis (ekstensi) file tertentu. Jenis file   yang bisa dicari adalah: doc, xls, rtf, swf, ps, lwp, wri, ppt, pdf, mdb, txt, dsb.
software engineering filetype:pd
ALLINTITLE : Menampilkan seluruh kata yang dicari dalam TITLE halaman. Contoh di bawah   akan menghasilkan halaman yang memiliki title java programming. allintitle ini tidak   dapat digabungkan dengan operator (sintaks) lain. Gunakan intitle untuk keperluan   itu.
allintitle:java programming
INTITLE :   Menampilkan satu kata yang dicari dalam TITLE halaman. Contoh di bawah akan   menghasilkan halaman yang memiliki title java dan isi halaman yang mengandung   kata enterprise
intitle:java enterprise
ALLINURL : Menampilkan seluruh kata yang dicari di dalam URL. Contoh di bawah akan   menghasilkan daftar URL yang mengandung kata java danprogramming. allinurl ini   tidak dapat digabungkan dengan operator (sintaks) lain. Gunakan inurl untuk   keperluan itu.
allinurl:java programming
INURL :  Menampilkan satu kata yang dicari di dalam URL
inurl:java enterprise

Tips Pencarian

Pencarian yang kita lakukan akan semakin efektif apabila kita mencoba menggabungkan beberapa operator baik yang ada di fitur pencarian dasar maupun lanjut. Misalnya, kita ingin mencari file-file PDF yang ada di situs www.pdii.lipi.go.id. Maka kita gabungkan dua operator menjadi:
filetype:pdf site:www.pdii.lipi.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar